Kategori
Siantar

Belum Kantongi Izin Lingkungan, CV Sudi Dealer Sepeda Motor Honda Jl Merdeka Kota Siantar Masih Beroperasi

SIANTAR- CV Sudi Dealer resmi sepeda motor honda Jalan Merdeka, No 199-201 Kota Siantar, belum mengatongi izin lingkungan dari Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga Jalan Merdeka, Kota Siantar yang tidak mau ditulis namanya.

Menurut sumber, semestinya Pemerintah  Kota Siantar dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Siantar melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan dalam upaya pengelolahan lingkungan hidup pada dealer sepeda motor tersebut.

“Aneh, kok sudah belasan tahun belum memiliki dokumen lingkungan, seakan-akan dibiarkan oleh Dinas terkait,” paparnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar, Dedy T Setiawan saat dikonfirmasi, Kamis ( 28/3/2019) membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa CV Sudi Dealer Sepeda Motor di Jalan Merdeka, Kota Siantar itu belum mengantongi izin lingkungan, yakni Dokumen Pengelolahan Lingkungan Hidup (DPLH).

“Izin lingkungan untuk CV Sudi Dealer Sepeda Motor belum ada sama sekali kami keluarkan”, ungkap Dedy.

Adapun beberapa klasifikasi izin lingkungan yang dikeluarkan oleh Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar, yakni SPPL atau berupa surat pernyataan untuk usaha skala kecil, UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan-Upaya Pemantauan Lingkungan) untuk jenis usaha  skala menengah dan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Izin AMDAL atau UKL-UPL merupakan syarat mutlak dikeluarkan izin lingkungan, jelas Dedy Setiawan di ruang kerjanya kepada macannews.com

Lebih jauh Dedy menjelaskan, salah satu berkas persyaratan untuk mengatur izin lingkungan hidup adalah  rekomendasi atau izin dari Tata Ruang dalam hal ini dinas Pekerjaan Umum.

Ditegaskan Dedy, pihaknya akan segera turun ke CV Sudi Dealer Sepeda Motor.

” Terima kasih telah mengingatkan kami, saya akan turun langsung ke CV Sudi,” Terangnya.

Di tempat terpisah, Istri pemilik CV Sudi Dealer Sepeda Motor yang tak mau memberitahukan namanya mengalu kalau pemilik CV Sudi Dealer Sepeda motor sedang berada diluar kota.

” Pemiliknya lagi diluar kota bang,” bilang wanita berambut sebahu ini.

Ketika disinggung apakah CV Sudi sudah mengantongi ijin, dengan entengnya wanita berambut sebahu ini mengakui kalau CV Sudi sama sekali belum mengantongi ijin dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Siantar. Namun sangat disayangkan istri pemilik dealer sepeda motor ini belum dapat memastikan kapan Cv Sudi akan mengurus Dokumen Lingkungan Hidup usahanya.

” Belum tahu kapan kami urus, nantilah,” kata wanita berambut sebahu ini sembari terlihat sibuk tak menentu.

Sekedar diketahui kalau CV Sudi Dealer Sepeda Motor yang terletak di Jalan Merdeka, Kota Siantar sudah puluhan tahun beroperasi nekat tidak mengantongi ijin dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Siantar, padahal untuk jenis usaha yang hendak beroperasi harus terlebih dahulu mengantongi ijin Lingkungan Hidup baru ijin-ijin lainnya dikeluarkan. (GN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *