Kategori
Siantar Terkini

Dinsos Klaim Peyaluran Rastra Di Siantar Tepat Sasaran

Siantar (Macannews)- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Pematangsiantar, mengklaim kalau penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) penerima manfaat atau keluarga miskin di Kota Pematangsiantar tahun 2018 sudah tepat sasaran, Selasa (13/11/2018).12.920 KK. “Mereka tersebar di 52 kelurahan dan 8 Kecamatan.

Kepala Bidang Sosial Kota Pematangsiantar, Eddi Pangaribuan mengatakan tahun-tahun sebelumnya data penerima bansos rastra masih bersifat manual. Sementara untuk tahun 2018 pendataan kembali berubah yang mana pendataan dilakukan dua kali yakni di Bulan Maret dan November menggunakan data SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation) melalui Program Kementerian Sosial.

lebih lanjut dikatakan Eddi, penggunaan data SIKS-NG lebih akurat dan tidak ada masalah serta tepat sasaran hingga sampai saat ini dalam pembagian bansos rastra di kelurahan-kelurahan yang ada di siantar.

” Data SIK-NG lebih akurat dan tepat sasaran,” kata Eddi.

Untuk itu Eddi mengatakan, apabila ada nama masyarakat penerima bansos rastra yang mau diganti harus melalui Muskel (Musyawarah Kelurahan) terlebih dahulu, terang Eddi.

Namun Eddi sedikit terkejut ketika disinggung beberapa warga di kelurahan pondok sayur,kecamatan Siantar Martoba mendapat bansos rastra padahal warga tersebut dari keluarga mampu.

” Ah…apa iya, setahu saya yang mendapat bansos rastra dari keluarga yang tidak mampu,” kata Eddi terheran.

Namun anehnya, Eddi mengaku sama sekali tidak menyimpan data penerima bansos rastra 2018 di kota pematangsiantar .

” Gak ada pula sama ku data penerima bansos rastra di siantar,” bilang Eddi.

Sementara hasil dari investigasi macannews dilapangan penerima bansos rastra di Kota Pematangsiantar terutama di Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba dan Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat banyak ditemukan masalah seperti pindah rumah, meninggal dunia, dan keluarga yang mampu namun masih terdata sebagai penerima bansos rastra. (Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *