Kategori
Peristiwa Terkini

Setelah 15 Tahun, Mars Bakal Ada di Jarak Terdekat dengan Bumi Malam Ini

Jakarta (Macannews)- Siapa yang sempat melihat Planet Mars saat gerhana bulan total terlama di abad 21 yang terjadi 28 Juli lalu?Jika tak sempat menyaksikan, tenang saja. Kamu masih bisa melihat Mars di akhir Juli ini, Selasa (31/7/2018).

Ya, Planet Merah ini tengah berada di jarak terdekatnya dengan Bumi dalam 15 tahun terakhir Mars berada di jarak terdekatnya dengan Bumi pada 31 Juli 2018.

Jika kamu ingin menyaksikan fenomena yang terjadi terakhir kali pada 2003 ini, kamu bisa menyaksikannya secara live streaming. Pasalnya, Observatori Griffith yang ada di Los Angeles akan menayangkan momen langka tersebut. Kembali ke Mars yang sedang ada di jarak terdekatnya dengan Bumi, kamu juga bisa menyaksikan peristiwa ini secara langsung.

Sekadar diketahui, Mars akan terlihat di ufuk barat daya langit. Dengan kata lain, bulan akan berada di kiri atas Mars. Perlu kamu tahu, Mars bisa terlihat karena Planet ini ada di jarak 57,6 juta kilometer (Km) dari Bumi. Seperti disebutkan, Mars dan Bumi memang pernah ada di posisi terdekat satu sama lain, yakni pada Agustus 2003 atau 15 tahun lalu dengan jarak 55,7 juta Km.

Sekadar diketahui, jarak minimum antara Mars dengan bumi adalah 54,6 juta Km. Sementara, jarak terjauh Mars dan Bumi adalah 401 juta Km. Adapun rata-rata jarak antara keduanya adalah 225 Km. Jarak terdekat Mars dengan Bumi dikenal dengan nama Oposisi. Nah, oposisi sendiri terjadi sejak 27 Juli lalu, bahkan saat peristiwa gerhana bulan total Mars dan Bumi sedang berada di masa Oposisi. Hal inilah yang membuat Mars bisa terlihat dari Bumi.

Meskipun Mars sedang berada di jarak terdekatnya dengan Bumi, kamu harus tahu kalau penampakannya dari Bumi tidaklah sebesar penampakan Bulan. Bagi mata manusia, Mars hanya akan terlihat layaknya bintang di malam hari dengan sinar agak kemerahan. Planet Merah akan mencapai orbit bernama oposisi, di mana Mars akan berada tepat di seberang Matahari, dan satu garis lurus dengan Bumi.

Mars akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi selama 15 tahun terakhir. Sebagaimana diketahui, Bumi dan Mars mengorbit Matahari pada jarak yang berbeda. Karena Bumi lebih dekat dengan Matahari, masa orbitnya lebih cepat dari Mars. Hampir tiap dua tahun sekali, Matahari, Bumi, dan Mars berada di satu garis lurus terhadap satu sama lain atau yang disebut oposisi.

Tahun ini, oposisi terjadi pada 27 Juli 2018 dan waktu Mars paling dekat dengan Bumi adalah pukul 7:50 GMT atau pukul 14:50 WIB tanggal 31 Juli. Mars akan tampak sangat terang di langit, bahkan merupakan penampakan paling terang sejak 2003, saat Mars berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi selama 60 ribu tahun terakhir.

Menurut lembaga antariksa Amerika Serikat NASA, pada 2003, jarak Mars dengan Bumi sejauh 56 juta kilometer. Sementara pada 31 Juli nanti, jarak Mars dengan Bumi sejauh 57,6 juta km. Dengan jarak tersebut, Mars bakal terlihat 10 kali lebih terang dibandingkan biasanya.

Sumber : Liputan 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *