Kategori
Lingkungan

Di Kabupaten Bekasi, Air Comberan Digunakan Untuk Cuci Piring!

Bekasi(Macannews)- Tragis dan memprihatinkan, Warga Di Desa Suka Hurip Kecamatan Suka Tani Kabupaten Bekasi untuk mencuci piring warga mengunakan air comberan. Air comberan yang digunakan warga sehari-hari untuk mencuci piring berasal dari aliran air irigasi, Selasa (29/5/2018).

 Kebiasaan sebagian warga Desa Suka Hurip ini sudah berlangsung puluhan tahun tanpa adanya perhatian pemerintah setempat yang mana berdampak buruk menimbulkan penyakit akibat warga menggunakan air comberan.

 Seperti pengakuan Warga Desa Suka Hurip bernama, Ijah (40) mengaku untuk mencuci piring setiap harinya menggunakan air comberan berasal dari air irigasi  yang hanya berjarak 5 meter dari kediamannya. Bahkan wanita berambut sebahu ini mengaku tidak takut terserang penyakit sebab sudah terbiasa menggunakan air comberan tersebut untuk mencuci piring dan pakaian bahkan untuk mandi.

” Mau kayak mana lagi mas, kami warga disini mau tidak mau harus menggunakan air ini (air comberan-red) untuk mencuci piring dan pakaian bahkan untuk mandi sebab tidak adanya air bersih yang disediakan pemerintah, ucap Ijah dengan polosnya tanpa memikirkan resiko pemyakit yang akan menghinggapinya.

Hal yang sama dikatakan warga lainya Armono (45) mengaku, akibat tidak tersedianya air bersih dan bak umum di Desa Suka Hurip yang disediakan Pemerintah Bekasi dengan terpaksa warga memanfaatkan air comberan dari irigasi untuk mencuci piring dan mencuci pakaian, kata Armono sembari berharap keluhan warga ini didengar Pemkab Bekasi.

Dari amatan Macannews dilokasi, air comberan  berwarna coklat keruh yang digunakan warga tersebut berasal dari aliran air irigasi dan sesekali tercium bau tidak sedap berasal dari aliran air comberan tersebut. Lebih parahnya lagi, warga disekitar untuk buang hajat langsung ke aliran comberan menggunakan  wc umum terbuat dari bambu yang dibangun warga ukuran 1,5 x 1,5 m.

Sementara Kepala Desa Suka Hurip, Aan Kurniawan saat hendak ditemui di kediamannya sedang tidak berada di tempat. Saat coba dihubungi via seluler terdengar nada sedang tidak aktif. (EN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *