Kategori
Hukum Kriminal Terkini

Pura-pura Beli Minuman, 4 Kawanan Maling Gondol Rp42 Juta dari Laci

Medan I Macannews- Lima kawanan pencuri ii memamng licik. Hanya bepura-pura beli minuman, mereka berhasil mengelabui pemilik toko sembako di Jalan Tiung Raya, Kelurahan Kenangan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kamis (24/5) sekira jam 17.00 wib.

Mereka pun berhasil menggondol uang Rp42 juta dari laci toko. Tapi rupanya, pemilik toko pun sadar telah dikecoh, dan berhasil menangkap salah seorang dari mereka.

Informasi yang diperoleh, Jum’at (25/5/2018) menyebutkan, terduga pelaku yang ditangkap berinisial LP (18), warga Jalan Batu Bakara, Percut Sei Tuan.

Sebelum tertangkap, pemuda itu bersama 4 temannya, yang salah di antaranya adalah perempuan mendatangi toko sembako milik Vinsensius Siburian (50). Tiba di sana, para pelaku yang diduga sudah merencanakan aksi pencurian langsung memesan minuman botol kepada Siburian.

Untuk membuat sang pemilik toko sibuk, para pelaku kemudian meminta Siburian membukakan botol minuman yang dipesan. Setelah itu, para pelaku kembali meminta kantong plastik.

Disaat sang pemilik toko lengah, dua pelaku yang sudah saling ‘kode’ diam-diam menghampiri laci dagangan dan dengan gerak cepat mereka berhasil menggondol uang puluhan juta rupiah.

Siburian tersadar ketika menoleh ke lacinya dan melihat dua pelaku cepat-cepat beranjak dari sana. Teringat uang di dalam lacinya, dia pun berupaya mengejar. Akan tetapi kedua pelaku yang mengambil uangnya sudah keburu kabur diikuti dua teman lainnya.

Tak mau kehilangan jejak, Siburian pun dengan sigap menangkap Lukas yang tertinggal dari rekannya. Dengan bantuan keluarga dan tetangganya, akhirnya berhasil meringkus Lukas.

Tak ayal, sejumlah tinju dan pukulan pun sempat mendarat di wajah serta tubuh Lukas, menunggu kedatangan polisi. Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Faidil Zikri SIK SH mengatakan, pihaknya mendapat kabar dari warga.

Petugas yang tiba langsung megamankan Lukas dan memboyongnya Mapolsek. “Satu sudah diamankan. Mereka merupakan satu kelompok,” katanya.

Hingga kemarin malam, polisi masih memeriksa Lukas untuk melakukan pengembangan. “Korban mengalami kerugian uang tunai sebesar Rp42 juta. Dan mengamankan barang bukti berdua 7 botol minuman teh botol sosro.

Untuk tersangka dikenakan pasal 363 ayat 1 ke 4 e KUHP dengan ancaman diatas 5 tahun penjara,” jelasnya. (Mej)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *