Kategori
Politik Terkini

Ijeck Janji Terapkan e-Budgeting Cegah Korupsi APBD Sumut

Medan (Macannews)

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara nomor urut dua Sihar Sitorus menyinggung ‘luka lama’  pusaran kasus korupsi yang melibatkan eks Gubernur Gatot Pujo Nugroho.

Pada acara debat perdana Cagub- Cawagub Sumut itu, Sihar bertanya kepada sang rival Musa Rajeckshah (Ijeck) perihal masa lalu kelam itu.

“Kasus korupsi massal di bawah Pak Gatot dikarenakan pinjaman pihak ketiga untuk menyuap DPRD guna memuluskan APBD dan perubahannya. Bagaimana Bapak Ijeck kelola APBD di Sumut agar kasus ini tak terulang?” tanya Sihar dalam acara yang digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel, Medan, Sabtu (5/5/2018).

Menjawab pertanyaan Sihar, Ijeck mengatakan bahwa pihaknya berjanji akan mendorong transparansi anggaran dalam bentuk e-planning dan e-budgeting untuk mencegah praktik korupsi di Sumut.

Katanya, pihaknya akan bersinergi hingga tingkat kabupaten/ldan kota.

“Sistem pemerintahan bukan sistem manual, kita mau sistem IT terbangun dengan e-planning dan e-budgeting . Semoga e-planning dan e-budgeting sinergi dengan kabupaten/kota supaya pelayanan masyarakat dalam perizinan bisa teratasi dengan baik dan korupsi tidak terulang,” jawabnya.

Namun Sihar tampaknya belum puas dengan jawaban Ijeck.

“Semua yang Bapak sampaikan ada di visi misi kami,” ujarnya.

Lantas Sihar kembali menanyakan hubungan antara eksekutif dan legislatif di Sumut, termasuk dalam hal perencanaan, pembahasan dan pengawasan APBD.

Sebab, kata Sihar, e-planning dan e-budgeting dinilai bisa saja tidak berjalan tanpa adanya pengawasan yang ketat terkait APBD.

“Bagaimana hubungan antara DPRD dan eksekutif dalam minimalisarisir korupsi?” terang Sihar.

Dicecar pertanyaan dari Putra DL Sitorus itu, Ijeck kemudian menjawab spontan.

“Kalau eksekutif dan legislatif, semua sudah ada aturan. Komunikasi harus terbangun antara Pemprov dengan Pemkot dan Pemkab. Sumut punya otonomi daerah, bukan seperti DKI. Kita berharap hadirnya Pemprov ke daerah bukan untuk membebani, tapi memberi solusi,” jawabnya. (Triol)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *