Menko Maritim, Luhut Panjaitan Tabur Bunga di Danau Toba

Menko Maritim, Luhut Panjaitan Tabur Bunga di Danau Toba

- in Pariwisata, Selebritis
269

Simalungun (Mcannews)- Menteri Koordinasi (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyambangi pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Senin (2/7/2018). Kedatangan Luhut ke sana, karena dia ingin menyaksikan langsung bagaimana Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap KM Sinar Bangun yang karam, Senin (18/6/2018) lalu.

Luhut datang menumpang helikopter Basarnas dari Bandara Silangit. Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi tampak mendampinginya bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Danlantamal Belawan Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Bupati Sumalungun, JR Saragih, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Bupati Tobasa, Darwin Siagian, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Remus Hutajulu, Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat, Kapolres Tobasa, AKBP Elvianus Laoli, Dandenpom I Sibolga Letkol CPM Intan,-Dandim 0207/Simal Letkol Robinson Tallupadang, Kepala KNKT, Budayawan dan keluarga korban KM Sinar Bangun.

Luhut bersama rombongan langsung masuk ke tenda Tim SAR untuk mendengarkan pemaparan dari Tim SAR. Setelahnya, Luhut bersama rombongan naik ke KMP Sumut II untuk melakukan aksi tabur bunga, mengenang para korban KM Sinar Bangun.

“Saya memiliki ikatan emosional. Saya turut berduka cita atas kejadian ini. Mudah mudahan tidak terjadi lagi peristiwa seperti ini,” kata Luhut setelah turun dari kapal.

Luhut tidak menampik kalau tragedi itu terjadi karena kelalaian pemerintah. Ada regulasi yag dilanggar dalam pengelolaan kapal di Danau Toba.

“Ini lah salah satu proses yang tidak bisa kita hindari, kalaupun ada salah. Saya mengakui ada juga kekurangan kita disana,” pungkasnya.

Luhut juga menyinggung soal jumlah pelabuhan yang cukup banyak di Danau Toba. Namun sayangnya, luput dari perhatian pemerintah dan masyarakat.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, melaporkan ada 59 pelabuhan yang ada di Danau Toba. Ke depan, Luhut ingin ini ditata dengan baik.

“Jadi memang kerja sama masyarakat juga untuk lebih disiplin bersama sama kita perlukan,” ujarnya.

Saat ini pemerintah juga sedang getol membenahi transportasi di Danau Toba. Ada empat kapal feri yang akan dibangun di sana.

“Pada sisi lain kami juga harus mengakui bahwa ada keterlambatan kita dalam membangun feri, walaupun sebenarnya feri yang pertama sudah selesai pada oktober pada tahun ini. Kemudian disusul feri kedua ketiga dan keempat, tapi ternyata kita kalah cepat,” terangnya.

“Jadi sekarang kita perbaiki. Jadi sekarang harus ada manifest ada kir untuk kapal dan sekarang itu sudah berjalan,” lanjutnya.

Setelah melaksanakan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, sekira jam 12.48 Wib, Luhut Binsar Panjaitan kembali ke bandara Silangit dengan menaiki Helikopter Basarnas. (Tim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Digugat Cerai, Gading Marten Masih Tunjukkan Perhatian untuk Gisel

Pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia tengah menghadapi